Sinkronisasi Smartphone dan PC ala NET89

Sinkronisasi Smartphone dan PC ala NET89 – Banyak pengguna memilih untuk tidak menyimpan data pribadinya di Internet. Jadi, Anda dapat melakukan sinkronisasi perangkat mobile Anda secara pribadi dan nirkabel dengan PC di jaringan rumah. Dengan bantuan layanan web, kini Anda dapat melakukan sinkronisasi data dengan mudah. Sayangnya, sistem cloud ini seringkali bocor.

Setelah serangan terhadap Apple iCloud yang mengakibatkan bocornya foto bugil beberapa selebriti Hollywood, keamanan sistem cloud patut dipertanyakan lagi. Jika Anda ingin menyimpan foto dan video privasi Anda dengan cara aman, Anda mungkin harus melakukan sinkronisasi melalui jaringan di rumah atau menyimpannya pada PC dan NAS.

Setelah semua kebutuhan sinkronisasi tersedia (ter-install) di rumah Anda, proses perbandingan data lokal ini ternyata hampir senyaman sinkronisasi melalui server web Apple, Google, dan Microsoft. Mereka yang memiliki perangkat iPhone atau iPad dapat menggunakan program manajemen PC Apple, iTunes (menggantikan iCloud).

Pengguna Android dapat menggunakan aplikasi FolderSync yang dapat menyinkronkan antara folder di perangkat mobile dan PC atau NAS. Hanya ponsel Windows 8 yang masih kurang nyaman dalam sinkronisasi ini. Sistem dari Microsoft ini memungkinkan Anda untuk melakukan sinkronisasi file multimedia secara offline. Prosesnya pun masih melalui koneksi kabel.

Sinkronisasi Android Dengan aplikasi FolderSync, Anda dapat menyinkronkan folder secara offline antara ponsel dan PC serta sistem NAS. CHIP akan menunjukkan cara untuk menyinkronkan data ponsel dengan PC Windows 7.

1 Setup file sharing dalam Windows Untuk mengizinkan ponsel Anda mendapatkan akses tulis ke PC Windows, Anda harus mengaktifkan file sharing pada PC. Untuk itu, buka “Network and sharing centre” di “Control panel”, pilih “Change advanced sharing settings” dan buka “Private (Current Profil)”. Aktifkan opsi “file and printer sharing” (1). Pastikan “Password-protected sharing” dalam pisisi “On”.

2 Buat proteksi password di Account PC Untuk menamin akses yang dilindungi, Anda memerlukan account pengguna dengan password. Buka “User accounts” dalam “Control panel” dan buat password utama (2). Catat username yang Anda miliki. TIPS Jika Anda ingin menjalankan PC tanpa harus mengakses password lagi, ketik “netplwiz” di dalam “Run” pada menu Start. Hilangkan tanda cek pada “Users must enter a username and password” lalu konfirmasikan hal ini dengan memasukkan password Anda.

Sumber : net89.net