Categories
Pendidikan

5 Tips Belajar Bahasa Norwegia Dasar dengan Menyenangkan

Bahasa asing membutuhkan waktu lama untuk dipelajari. Seringkali karena lamanya waktu, kegiatan belajar terasa monoton dan membosankan akan tetapi Anda dapat mempelajarinya di Studiva.

 

Menemukan motivasi belajar terus menerus adalah kunci keberhasilannya. Lalu bagaimana cara lain agar kegiatan belajar jadi tidak membosankan? Apalagi mempelajari bahasa seperti Norwegia yang sangat terdengar aneh. 

 

Bahasa Norwegia bisa saja terdengar aneh, tetapi bagi orang yang menguasainya bahasa ini memberikan banyak keuntungan. Ada satu hal besar yang akan membuat kegiatan belajar menjadi menyenangkan.

 

Belajarlah dengan mengamati bagaimana orang Norwegia menggunakannya. Mengamati dan menerapkannya pada diri sendiri tidak selalu harus dilakukan di negara Norwegia langsung. Melalui alat telekomunikasi semuanya akan menjadi lebih mudah. 

 

Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Norwegia dari Native Speaker

 

Mempelajari bahasa Norwegia harus dilakukan dengan menyenangkan. Kegiatan belajar yang menyenangkan akan bertahan untuk dilakukan terus menerus hingga akhirnya menjadi mahir. Jika kamu adalah salah satu diantaranya, maka sebaiknya pelajari secara langsung bersama native speaker. 

 

Sekarang tidak sulit untuk menemukan native speaker langsung. Di tempat kursus kamu akan bertemu dengan instruktur yang merupakan native speaker berpengalaman. Cobalah untuk melakukan interaksi dengan mereka sehingga pelajaran menjadi lebih menyenangkan. Ada beberapa tips belajar yang bisa kamu ikuti berikut ini. 

 

Belajar kata populer di Norwegia

 

Sama seperti di Indonesia, Norwegia juga memiliki banyak kata populer. Mempelajarinya artinya kamu akan menjadi orang yang gaul. Tidak akan merasa asing ketika orang Norwegia mengatakan kata populer berupa idiom.

 

Misalnya saja seperti Håper at det smaker ( Aku harap rasanya enak), Å være midt i smørøyet (Berada di tempat yang tepat). Kata populer menjadi bahasa dasar yang sangat penting dipelajari di samping kata seperti ‘halo’ dan ‘terima kasih’.  

 

Belajar dengan nyanyian

 

Satu lagi yang sangat menyenangkan dan akan memperkuat ingatan adalah belajar dengan menyanyi. Sama seperti anak-anak, nyanyian tentu juga disukai oleh orang dewasa. Tidak ada salahnya kamu belajar alfabet bahasa Norwegia dengan nyanyian. Kemudian hafalkan beberapa lirik lagu Norwegia dan menyanyikannya setiap hari. Melalui alunan musik kamu secara tidak sadar akan menghafalkan lirik dan bahasa Norwegia dengan cepat. Pilihlah genre musik yang kamu sukai agar lebih senang menyanyikannya. 

 

Temukan teman untuk belajar

 

Pasti akan terasa boring ketika belajar bahasa asing sendirian. Saatnya kamu menemukan teman untuk belajar bersama. Kamu bisa menemukan teman belajar melalui aplikasi atau tempat kursus.

 

Kalian sama-sama belajar tentu saja tidak akan merasa canggung ketika memulai percakapan atau mendengarkan pelafalan yang aneh. Justru bisa menjadi bahan candaan sekaligus saling mengoreksi satu sama lain. Apapun tema yang ingin dibicarakan bisa selalu dibahas tanpa bingung lagi. Kamu bisa belajar secara lisan atau tulisan ketika bertukar pesan. 

 

Bermain game

 

Tidak ada yang lebih menarik lagi ketika belajar melalui game. Biasanya aplikasi belajar bahasa Norwegia telah dilengkapi dengan berbagai game. Setiap game pasti memiliki tujuan seperti memperluas hafalan kosakata atau belajar tentang grammar.

 

Tidak pada tekanan saat bermain game jadi kamu bisa menikmati waktu bermain dengan lebih santai. Justru materi akan lebih mudah diserap daripada harus duduk berjam-jam dan menghafalkan kosakata satu per satu dalam kamus. 

 

Memperluas pengetahuan tentang kebudayaan

 

Apapun bisa dipelajari tentang Norwegia khususnya kebudayaan. Melalui pengamatan bagaimana kebudayaan yang berlaku di sana. Misalnya tata cara makan, bagaimana cara untuk menunjukkan arah, apa saja kegiatan keagamaan yang dijalankan.

 

Bisa juga melalui budaya tradisional seperti. Selain memperluas pengetahuan, hal ini juga akan meningkatkan semangat mempelajari bahasa Norwegia.