5 Cara Menghemat Biaya Catering Untuk Konsumsi Acara

Cara Menghemat Biaya Catering

Cara Menghemat Biaya Catering – Konsumsi merupakan salah satu hal terpenting yang harus kamu siapkan untuk acaramu. Jika kamu akan mengadakan suatu acara namun dengan budget yang terbatas atau kamu sedang mengirit pengeluaran, maka kamu perlu untuk berhemat dan salah satunya adalah dengan memesan catering.

Meskipun dengan budget yang terbatas, acara yang akan kamu selenggarakan akan tetap berjalan lancar dengan menyajikan catering yang berkualitas. Karena sebenarnya untuk menyajikan makanan yang enak untuk acara tamu undangan tidak diperlukan banyak biaya.

Kamu bisa mendapatkan makanan yang berkualitas namun sesuai dengan budget yang ada dengan mengikuti cara menghemat biaya catering. Saat ini pun sudah banyak jasa catering yang menyediakan pilihan catering dengan harga terjangkau.

5 Cara Menghemat Biaya Catering

  1. Menyiapkan Budget yang Sesuai

Jika kamu hanya memiliki budget yang terbatas, maka kamu harus pintar – pintar dalam menghitung dan memperkirakan berapa biaya yang akan kamu alokasikan untuk urusan konsumsi.

Cara menghemat biaya catering yang pertama ini akan membantu kamu memilih keperluan konsumsi yang lainnya sesuai dengan budget. Contohnya adalah kamu dapat menentukan jasa catering mana yang bisa menyediakan makanan dengan harga yang terjangkau.

  1. Pastikan Jumlah Undangan

Sebelum kamu memesan catering, kamu diwajibkan untuk memastikan jumlah tamu undangan yang akan hadir di acaramu. Jika kamu mengadakan acara yang intim maka prioritaskan jumlah undangan seperti keluarga, teman terdekat dan sanak saudara.

Namun jika kamu mengadakan acara kantoran, maka pastikan jumlah undangan seperti atasan – atasan, klien dan undangan penting lainnya. Maka kamu bisa memperhitungkan secara matang porsi yang akan kamu hidangkan.

Contohnya jika kamu mengundang sebanyak 300 orang, kamu dapat mengkalikannya dua untuk berjaga – jaga. Sehingga jumlah porsi yang kamu hidangkan adalah 600 porsi.

  1. Memilih Varian Menu Lebih Murah

Untuk mendapatkan catering yang terjangkau agar bisa berhemat, kamu bisa memilih varian menu paket yang lebih murah. Cara menghemat biaya catering yang satu ini merupakan pilihan yang tepat.

Hanya saja kamu harus pintar dalam memilih jasa catering. Walaupun dengan harga yang murah, namun kamu juga harus memastikan rasa serta kualitas yang disajikan tetap nomor 1 dan dapat memuaskan kamu serta para tamu undangan.

Contohnya kamu bisa memilih menu olahan telur atau ayam sebagai menu lauk utamanya. Tentunya harga yang ditawarkan lebih murah dibandingkan dengan menu olahan daging.

  1. Mengurangi Hal yang Tidak Perlu

Nah, cara menghemat biaya catering yang selanjutnya adalah kamu bisa mengurangi pilihan menu yang tidak perlu. Kamu juga bisa menyesuaikan menu dengan acara dan para tamu undangan yang akan hadir.

Contohnya adalah kamu bisa mengurangi nasi putih. Kebanyakan tamu undangan yang datang ke acara akan mengambil makanan atau lauk yang lebih menarik ketimbang mengambil banyak nasi. Sehingga kamu tidak perlu berlebihan dalam menyediakan porsi nasi.

Mengurangi varian minuman juga merupakan cara menghemat biaya catering. Kamu bisa menyediakan 1 – 2 pilihan minuman saja seperti air putih dan minuman berasa lain. Hal ini tentu akan membuat anggaran kamu lebih kecil.

  1. Lebih Baik Memperbanyak Porsi

cara menghemat biaya catering lainnya adalah dengan mengurangi ragam menu pada food stall atau menu gubukan. Daripada kamu menyajikan pilihan menu yang sangat beragam, lebih baik menyediakan 3 ragam menu saja.

Namun dengan 3 ragam menu tersebut kamu lebih baik memperbanyak porsinya. Hal ini merupakan salah satu cara menghemat biaya catering untuk konsumsi acara yang bisa kamu lakukan agar semua tamu yang hadir dapat menikmati semua makanan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *